Perbedaan antara Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Olx, Kaskus, Yukbisnis ?

Media : Redaksi Bicaratekno, Tanggal : 23/05/2016, Tampil : 19083

Sumber gambar : http://juraganforum.com/

Perbedaan antara Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Olx, Kaskus, Yukbisnis ?  Judul yang menurut Kami sudah banyak yang mengerti perbedaan dari situs-stus ecommerce tersebut. Tetapi tidak ada salahnya apabila dibahas secara dalam perbedaan antara situs-situs tersebut. Tulisan ini merupakan ringkasan dari blog juraganforum.com milik Jaya Setiabudi , seorang pengusaha sekaligus  penulis yang telah banyak menelurkan banyak pengusaha muda lewat bimbingan beliau. 

Kembali ke topik, Sebelum kita mengetahui perbedaan situs-situs diatas marilah kita mengetahui macam-maca, dari e-commerce itu sendiri. Menurut Mas Jay sapaan dari Jaya Setiabudi. Ecommerce terbagi menjadi beberapa antaralain :

  • C2C ( Customer to customer)
  • B2B ( Bussiness to  Bussiness)
  • B2C (Bussiness to Customer )
  • B2B2C ( Bussiness to  Bussiness to Customer)

C2C ( Customer to customer)

Menurut Mas Jay, Konsep C2C dimana penjual adalah perorangan atau individu yang sesekali menjual barang atau barang pribadi/bekas kepada pembeli via marketplace. Pihak pembeli yang tertarik dapat kontak atau transaksi langsung ke penjual. 

Contoh : Kaskus, Jualo, OLX, dll

B2B ( Bussiness to  Bussiness)

Konsep dimana perusahaan, yang biasanya sebagai produsen atau distributor menawarkan produk mereka ke perusahaan lain via marketplace. Perusahaan yang tertarik dapat langsung kontak dan transaksi dengan perusahaan penjual .

Contoh : Alibaba, Indonetwork, dll

B2C (Bussiness to Customer )

Perusahaan yang menjual produk-produknya langsung ke pembeli. Meskipun merek atau produk pihak lain yang dijual tetapi untuk aktivitas upload produk sampai delivery atau pengiriman dilakukan oleh pihak / pemilik toko online.

Contoh : MatahariMall, Bhinneka, Zalora, dll

B2B2C ( Bussiness to  Bussiness to Customer)

Hampir mirip dengan konsep B2C, tetapi perbedaanya adalah perusahaan/perorangan sebagai  pemasok ikut ambil bagian dalam proses upload produk di website. Saat terjadi transaksi. Pembayaran akan melalui pihak marketplace, baru kemudian setelahnya akan diberikan ke pihak pemasok. 

Contoh : Tokopedia, Bukalapak, Blanja.

Dari kesemuanya yang telah disebutkan diatas ternyata ada situs ecommerce yang memiliki keunikan yaitu YukBisnis merupakan sebuah platform yang memberikan fasilitas perusahaan untuk membuat website B2C dengan domain mereka sendiri. Ditambah lagi, Yukbisnis.com juga menyediakan marketplace para penjual yang telah menggunakan platformnya. 


Bagikan :



Iklan
Populer
Perbedaan antara Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Olx, Kaskus, Yukbisnis ?

Cara membuat aplikasi Android untuk toko online

iGrow, Solusi berkebun tanpa harus memiliki kebun

Tutorial Menjual Produk Laris di Marketplace, Facebook, dan Instagram


Sosmed


Tentang

BicaraTekno merupakan portal yang membagikan seputar teknologi informasi dari berbagai situs-situs teknologi.

2015, BicaraTekno© by BicaraTekno