Apakah Anda tahu alasan kenapa 95% bisnis gagal ?

Media : Redaksi Bicaratekno, Tanggal : 04/10/2016, Tampil : 774

Sumber gambar : bicaratekno.com

Apakah Anda tahu alasan kenapa 95% bisnis gagal? Tulisan ini merupakan Kami dapat dari email yang dikirim oleh Sribu.com yaitu jasa desain grafis online. Tulisan ini ditulis oleh founder dari Sribu, Ryan Gondokusumo. Yang memulai membangun Sribu dari tahun 2011 bersama partnernya Wenes Kusnadi . Sribu menjual jasa desain logo, jasa desain website, jasa desain kemasan dan 17 kategori desain lainnya.  Pada  1 tahun setelah Sribu berjalan,  Ryan mengungkapkan bahwa  baru mengetahui ada 3 elemen penting yang perlu diperhitungkan antaralain sbb:

1. MARKET

Seberapa besarkah target pasar untuk bisnis atau produk yang ingin Anda jual? Semakin besar pasarnya semakin tinggi kemungkinan bisnis Anda berhasil. Pastikan market yang dimaksud ini adalah 'Total Addressable Market' atau yang disingkat dengan TAM. Misalnya Anda ingin membuka coffee shop di Jakarta, maka target market Anda bukan seluruh penggemar kopi di Indonesia, namun hanya penggemar kopi di Jakarta saja. Mengapa? Karena sangat kecil kemungkinan seorang penggemar kopi di Medan akan terbang ke Jakarta untuk menikmati kopi Anda. Itulah yang dinamakan Total Addressable Market.


2. TIM

Sesuai statistik, apabila Anda memiliki 3 founder atau pendiri maka kemungkinan Anda untuk sukses 1.5x lebih tinggi daripada tim yang memiliki 2 founder saja atau 3.6x lipat lebih tinggi daripada tim yang hanya memiliki 1 orang founder atau pendiri. Selain dari jumlah, setiap founder harus memiliki passion dan visi yang sama, namun dengan expertise yang berbeda. Misalnya Sebuah tim yang berisi 3 orang yang jago marketing tidak akan efektif, karena mereka semua memiliki kemampuan yang sama, tidak saling melengkapi. Sebaliknya kalau sebuah tim terdiri dari members yang memiliki expertise yang berbeda, sebuah tim akan menjadi sangat efektif karena memiliki komposisi yang saling melengkapi.


3. PRODUK

Produk merupakan jantung dari sebuah bisnis. Tanpa produk tepat yang diinginkan konsumen, akan sulit sekali bagi bisnis Anda untuk berkembang. Jadi, sangat penting untuk Anda pertimbangkan, Apakah produk yang Anda buat ini memecahkan masalah penting yang ada di market? Ingat, masalah yang dipecahkan harus penting. Apabila produk Anda hanya berperan sebagai solusi masalah sepele, kecil kemungkinan (bukan tidak mungkin ya) untuk bisnis Anda berlangsung lama. Itulah tiga faktor yang perlu Anda perhatikan. 95% bisnis gagal karena faktor ini tidak terpenuhi, misal ada pengusaha yang berbisnis di market yang besar, timnya solid namun produk yang dibuat tidak bagus. Atau tim solid, produk bagus, namun marketnya terlalu kecil.

 


Bagikan :



Generic Banner Populer
Perbedaan antara Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Olx, Kaskus, Yukbisnis ?

Cara membuat aplikasi Android untuk toko online

Cara live di FB & Youtube tanpa perlu live

Tutorial Menjual Produk Laris di Marketplace, Facebook, dan Instagram


Sosmed


Tentang

BicaraTekno merupakan portal yang membagikan seputar teknologi informasi dari berbagai situs-situs teknologi.

2015, BicaraTekno© by BicaraTekno