5 Bahasa Pemrograman Terpopuler di 2019 menurut TIOBE

Media : Redaksi Bicaratekno, Tanggal : 29/01/2019, Tampil : 340

Sumber gambar : TIOBE Index

Lima Bahasa Pemrograman Terpopuler di 2019 menurut TIOB. TIOBE adalah perusahaan riset software asal eropa dibidang software quality. TIOBE melakukan riset berkala dalam menenttukan bahasa pemrograman terpopuler. Program ini dinamakan The TIOBE Programming Community index  dimana peringkat di update secara berkala sebulan sekali. Rating/peringkat  di ambil berdasarkan jumlah engineer ataua programmer yang menggunakan bahasa pemrograman terkait, kursus pemrograman yang banyak diikuti , juga melalui tingkat pencarian artikel / tutorial di web mesin pencari seperti Google, bing, Yahoo!, wikipedia, amazon, youtube , dan Baidu.

Berikut Lima Bahasa Pemrograman Terpopuler di 2019 :

1. Java

Bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai platform mulai dari aplikasi desktop komputer, telepon genggam. Bahasa ini  dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems dirilis tahun 1995. Sebelumnya bernama OAK, lalu diubah menjadi JAVA. Filosofinya karna James Gosling menyukai Kopi Jawa (Indonesia). Karna Sun Microsystems telah diakuisisi/dibeli  Oracle maka saat ini bahasa pemrograman Java bagian dari Oracle .

2. C

Bahasa pemrograman c adalah bahasa yang ditulis Dennis Ritchie   pada tahun 1972. Awalnya bahasa ini dikembangkan untuk  buat  Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories.  Walaupun bahasa pemrograman  C  ini dibuat untuk memprogram sistem serta jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. Bahasa C++ merupakan turunan  dari bahasa  C.

3. Phyton

Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. bahasa ini dibuat oleh  Guido van Rossum. Menurut laman teknojurnal, bahasa phyton telah digunakan untuk membangun layanan-layanan platform terkenal, seperti Instagram, Youtube, dan Spotify.

Selain itu, Bahasa ini mendukung berbagai platform baik dekstop maupun mobile. ditambah lagi bahasa phyton mendukung internet of thing (IoT). IoT merupakan teknologi yang menghubungkan benda-benda disekitar kita dengan jaringan komputer.

4. C++

Bahasa C++ merupakan turunan dari bahasa C. Menurut Wikipedia,  bahasa pemrograman ini  di buat oleh Bjarne Stroustrup, yang dikembangkan di Bong Labs pada awal tahun 1970-an. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C yaitu mengenai dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming) . bahasa in i masuk dalam bahasa  komputer tingkat tinggi (High Level Language).

5. Visual Basic .net

Bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa ini pengembangan dari bahasa Visual Basic. .Net digunakan untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang bergerak di atas sistem .NET Framework. Dengan Visual Basic .Net, programmer bisa membangun aplikasi Windows Forms, Aplikasi web berbasis ASP.NET. bahasa ini dirilis perdana pada tahun 2001 .

 

 

 


Bagikan :



Iklan
Populer
Perbedaan antara Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Olx, Kaskus, Yukbisnis ?

Cara membuat aplikasi Android untuk toko online

Tutorial Menjual Produk Laris di Marketplace, Facebook, dan Instagram

iGrow, Solusi berkebun tanpa harus memiliki kebun


Sosmed


Tentang

BicaraTekno merupakan portal yang membagikan seputar teknologi informasi dari berbagai situs-situs teknologi.

2015, BicaraTekno© by BicaraTekno