Javascript masuk dalam 10 Bahasa Pemrograman populer di dunia tahun 2019

Media : Redaksi Bicaratekno, Tanggal : 29/09/2019, Tampil : 238

Sumber gambar : nadia-training.com

Sebagai programmer tentunya penting dalam mengetahui perkembangan bahasa pemrograman yang sedang populer di dunia .  Yang menarik Javascript masuk dalam 10 Bahasa Pemrograman populer di dunia tahun 2019. Javascript adalah bahasa pemrograman favorit penulis. Karna bahasa ini sangatlah powerfull bagi saya.

Saya menyebut Javascript sebagai bahasa pemrograman populer saat ini berdasarkan data dari TIOBE Index . TIOBE adalah perusahaan riset  dalam menilai dan melacak kualitas sebuah software. Berdasarkan data TIOBE Index, Javascript masuk dalam peringkat tujuh sebagai bahasa pemrograman yang populer digunakan penggguna. Tepat dibawahnya bahasa Visual Basic .Net  ynag berada di posisi enam.

Untuk saat ini peringkat 10 besar  bahasa pemrograman paling populer di dunia tahun 2019  anatara lain Java, C, Phyton, C++. C#,  Visual Basic .Net , Javascript, SQL, PHP, dan Objective C. 

Dilansir dari wikipedia, Javascript merupakan  bahasa pemrograman tingkat tinggi serta dinamis. Populer di gunakan untuk halaman web, bahasa ini biasanya disandingkan dengan HTML, CSS, dan PHP. Javascript bahasa yang dijalankan melalui software penjelajah web populer seperti Google Chrome, Internet Explorer, Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag  . Javascript dalam sebuah halaman web digunakan untuk membuat web menjadi interaktif.

Bahasa ini  didesain oleh Brendan Eich (Pendiri Mozilla) dengan format bahasa scripting dan dikembangkan oleh 2 organisasi yaitu  Netscape Communications Corporation  dan Mozilla Foundation. Awalnya bahasa ini bernama  Mocha, lalu diganti menjadi LiveScript, lalu menjadi  JavaScript.

Bahasa ini semakin terkenal dengan bermunculan paket-paket libari ynag dibuat baik komunitas developer atau perusahaan software. Librari merupakan paket coding/script yang sudah jadi jadi bagi kamu ynag menggunakan librari tersebut tidak perlu buat dari awal. berikut beberapa librari yang populer di antaranya  :

  1. Chart.Js - Library untuk membuat grafik baik grafik line, bar, pie  dll di halaman web 
  2. anime.js - library untuk membuat efek motion pada web 
  3. Bideo.Js - ibrary untuk membuat video dalam background di halaman web 
  4. React.Js - library yang kembangkan oleh Facebook untuk membuat user interface  yang menarik
  5. Algolia.js - Libarary untuk membuat inputan alamat secara autocomplete jadi ketika mengetik ada sugesti untuk pilih alamatnya.

Baca juga : Belajar Javascript secara komplit 2019, Belajar dari awal hingga mahir


Bagikan :



Generic Banner Populer
Perbedaan antara Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Olx, Kaskus, Yukbisnis ?

Cara membuat aplikasi Android untuk toko online

Cara live di FB & Youtube tanpa perlu live

Tutorial Menjual Produk Laris di Marketplace, Facebook, dan Instagram


Sosmed


Tentang

BicaraTekno merupakan portal yang membagikan seputar teknologi informasi dari berbagai situs-situs teknologi.

2015, BicaraTekno© by BicaraTekno